Standardisasi Warung adalah program dari PT. Lembaga Perlindungan Konsumen Nasional Indonesia. Dirintis sejak tahun 2014 dan telah mendapat dukungan dari Kementrian Pariwisata Republik Indonesia.

Program Standardisasi Warung ini telah didaftarkan HAKI ( Hak Kekayaan Intelektual ) di Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia nomor C00201700986, 21 Maret 2017. Standardisasi Warung bertujuan untuk mengamankan 10% retribusi pajak warung dan restoran.

Dengan program ini, retribusi masing-masing kabupaten dan kota diharap akan tercapai. Karena pembayaran dan setoran retribusi pajak melalui aplikasi digital yang dirancang khusus bagi konsumen akan langsung diterima oleh pemerintah daerah (dalam hal ini dinas pendapatan).

Keuntungan bagi pemilik warung adalah, program ini akan menarik konsumen lebih banyak, sebab konsumen lebih memilih produk dari warung dan restoran yang telah berstandar, menumbuhkan kepercayaan konsumen dan kenyamanan konsumen. Warung dan Restoran akan memperoleh layanan sertifikasi dan sertifikat dari Lembaga Perlindungan Konsumen Indonesia.